MAKALAH TIK

 

KATA PENGANTAR

Assalamu alaikum Wr.Wb.

Segala puji dan puja kepada Allah SWT.yang telah menciptakan kita dengan bebtuk yang sebaik-baiknya dan memberi banyak nikmat kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang diamanahkan oleh Bapak Guru mata pelajaran TIK,yang berjudul “PENGGUNAAN INTERNET UNTUK KEPERLUAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI”.

Salam beriringan shalawat kepada keharibaan junjungan kita nabi Muhammad Saw,yang telah membawa kita semua dari alam kegelapan lagi penuh kebodohan menuju alam keislaman yang terang benderang seperti saat sekarang ini.

Tak lupa penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua orang tua yang telah banyak membantu dan mendukung saat penyusunan makalah ini.Juga kepada Guru mata pelajaran yang telah membimbing tiada kalanya dan tanpa bosannya sehingga makalah ini dapat terselesaikan.Dan juuga kepada teman-teman yang telah banyak memberikan support kepada penulis sehingga apapun itu mudah terselesaikan.

 

Wassalamu alaikum Wr.Wb.

 

 

 

Palleko’,2-Desember-2010

 

 
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR  ………………………………………………………….. 1

DAFTAR ISI …………………………………………………………………….. 2

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG &  RUMUSAN MASALAH…………………………3
BAB II PEMBAHASAN
A. PERANGKAT UNTUK MENGAKSES INTERNET……………………….. 4

1.PERANGKAT KERAS……………………………………………………..4

2. PERANGKAT LUNAK…………………………………………………….7

B. TATA CARA AKSES INTERNET……………………………………………. 8

C. PENCARIAN INFORMASI DENGAN WEB BROWSER………………… 11

D. PENGGUNAAN E-MAIL……………………………………………………..14

E. MASALAH YANG DITIMBULKAN OLEH INTERNET…………………….15
BAB III PENUTUP

A. KESIMPULAN…………………………………………………………………19

B. KRITIK DAN SARAN…………………………………………………………19

DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………20

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Apa pengertian dari Internet,Pengertiannya adalah jaringan global komputer di dunia,dapat diartikan juga sebagai Jaringan Komputer yang luas dan besar yang mendunia,yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,dimana di dalamnya terdapat berbagai macam sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.Internet berasal dari kata Interconnection Networking,yang artinya koneksi atau hubungan antara berbagai macam komputer dengan berbagai macam type dan jenisnya.

Saat ini sudah jamannya internet, jadi rasanya tidak asing lagi dengan kata internet dan kroni-kroninya. Nah kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang internet itu sendiri dalam hal cara mengaksesnya dan berbagai pengetahuan tentang internet.Karena itulah saya sengaja membuat makalah ini,selain karena tugas juga karena ingin membagi pengetahuan.

B.Rumusan Masalah

 

Adapun masalah-masalah yang akan dibahas pada makalah ini antara lain:

1.Perangkat yang dapat digunakan untuk mengakses internet.

2.Tata cara akses internet.

3.Pencarian informasi dengan Web Browser.

4.Penggunaan E-mail.

5.Masalah-masalah yang ditimbulkan oleh Internet.

 

BAB II

PEMBAHASAN

A.Perangkat untuk mengakses Internet.

 

Perangkat untuk mengakses internet dibagi menjadi dua yaitu:

1.Perangkat Keras

Macam-Macam Perangkat Keras dan Fungsinya Yang dibutuhkan Komputer atau Notebook Untuk Mengakses Internet :

  1. MODEM (MODULASI DEMOLATOR)
  2. ETHERNET CARD ATAU LAN CARD
  3. HUB ATAU SWITCH
  4. ROUTER

1. MODEM yaitu peralatan yang berfungsi mengubah data dari digital ke listrik atau gelombang elektronik dan sebaliknya.

Jenis-jenis modem berdasarkan beberapa kategori :

A.     Berdasarkan letak di CPU Komputer, modem terbagi dua, yaitu :

1.   Modem internal yaitu modem yang berada di dalam cpu.

2.   Modem external yaitu modem yang berada di luar cpu.

 

Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone. Modem adalah alat yang bertugas untuk menukar data dari bentuk digital ke analog dan sebaliknya. Dengan adanya modem pengguna PC dapat terkoneksi pengguna PC dapat terkoneksi dengan dunia internet.. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

 

 

B.     Berdasarkan cara koneksi dengan ISP, modem terbagi dua, yaitu :

1.   modem wireline atau wired yaitu modem yang menggunakan media kabel untuk berkoneksi dengan ISP

2.   modem wireless yaitu modem yang menggunakan media nirkabel (gelombang elektronik) untuk berkoneksi dengan ISP

C.     Berdasarkan ISP (Internet Service Provider) yang digunakan atau teknologi ISP yang dipakai, jenis  modem bisa dibagi menjadi beberapa macam, antara lain :

1.    modem adsl

2.    modem dsl

3.    modem cdma

4.    modem gsm

5.    modem dial up

2. ETHERNET CARD ATAU LAN CARD

Lan Card ( kartu jaringan ) berfungsi sebagai alat penghubung sebuah komputer dengan jaringan komputer atau penghubung komputer dengan modem jenis adsl dan dsl.

3. HUB ATAU SWITCH

Switch berfungsi menghubungkan dua komputer atau lebih. Switch dibutuhkan, jika ingin melakukan sharing internet.

4. ROUTER

Router mempunyai fungsi yang sama dengan Switch, tetapi lebih pintar. Kelebihan Router dibanding Switch adalah fungsi routing dan gateway-nya. Fungsi routing berguna untuk memilih rute yang terbaik dalam jaringan, sedangkan gateway berfungsi seperti komputer server.

Pada saat sekarang ini sudah ada jenis modem tertentu yang juga mempunyai fungsi sebagai router, gateway atau switch. Jadi pada saat kita ingin melakukan sharing internet ke beberapa komputer cukup membeli modem model tersebut.

Persyaratan minimal komputer atau notebook yang digunakan untuk akses komputer

  1. Processor Pentium III 500 Mhz
  2. Ram 64 MB
  3. VGA Card 4 MB
  4. Sound Card dan Speaker
  5. CD ROM
  6. Harddisk 10 GB
  7. Monitor CRT SVGA

 

 

2.Perangkat Lunak.

 

Perangkat Lunak yang utama tentunya adalah browser.  dengan browser-lah sebagian besar aktifitas di internet dilakukan.  Pilihan untuk browser adalah:

  • Internet Explorer ( Windows )
  • Mozilla Firefox ( Windows dan Linux )
  • Opera (Windows dan Linux )
  • Google Chrome ( saat ini baru tersedia versi Windows)
  • Apple Safari ( Windows )

Dari berbagi pilihan browser di atas, yang paling populer saat ini di warnet adalah: Mozilla Firefox.  Penulis juga menyarankan agar warnet menggunakan Browser ini dan menjadikan browser lain sebagai cadangan.  Internet Explorer tidak di sarankan, banyaknya masalah keamanan yang ditimbulkan oleh Internet Explorer membuat banyak warnet lebih memilih browser lain.

Perangkat Lunak berikutnya dalam kategori Internet adalah perangkat lunak Messaging, kegunaan perangkat lunak ini adalah untuk saling bertukar pesan pendek.  Layanan yang populer adalah: Yahoo Mesengger (Yahoo IM), MSN, Gtalk.   Baik Yahoo IM, MSN maupun Gtalk memiliki perangkat lunaknya masing-masing dan dapat di install ke komputer pengguna.  Kita juga dapat memanfaatkan perangkat lunak messaging yang dapat terkoneksi ke beberapa layanan sekaligus seperti Pidgin. Selain diakses melalui perangkat lunak tersendiri, layanan Yahoo IM, MSN dan Gtalk juga dapat di akses melalui web seperti Meebo.

Diluar kedua jenis perangkat lunak di atas, ada baiknya di komputer pengguna juga di install beberapa perangkat lunak kategori internet, misalnya:  FTP Client, namun hal ini bukanlah prioritas.Yang prioritas adalah: Browser dan Messaging.

 

B.Tata Cara Akses Internet.

Sebenarnya ada cara-cara yang mudah untuk meningkatkan kecepatan akses internat tanpa harus membayar biaya lebih mahal. Cara tersebut diantaranya adalah dengan mengatur web browser, menggunakan openDNS, dan menggunakan Google Web Accelerator.

Penerapan ketiga cara di atas sangatlah mudah. Untuk cara pertama, mengatur web browser, dapat dilakukan oleh pengguna Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Bagi pengguna Internet Explorer, Anda dapat memilih menu Tools, kemudian klik Internet Option.

Selanjutnya pilih tab General dan pada kolom “Temporary Internet files” klik Settings dan geser posisi slider-nya pada kolom Temporary Internet files folder. Hal ini akan memperbesar cache atau lokasi penyimpanan situs-situs yang anda pernah buka. Sebaliknya isilah dengan nilai minimal 5 person dari kapasitas harddisk Anda.

Bagi pengguna Mozilla Firefox anda dapat mengetikkan “about:config” pada address bar, setelah itu ubah “network.http.pipelining” dan “network.http.proxy pipelining” menjadi “true”, serta isi “network.http.pipelining.maxrequests” antara 30 –100 ( semakin besar semakin cepat ). Yang terakhir klik kanan dimana saja dan pilih New->Integer , tuliskan “nglayout.initialpaint.delay” lalu isi dengan 0.Sedangkan untuk cara kedua, anda terlebih dahulu harus mendaftar di http://www.openDNS.com. Setelah itu masuklah ke Control Panel dari Start Menu dan pilih Network Connections. Kemudian pilih koneksi yang digunakan dan klik tombol Properties. Pada bagian Internet protokol, pilihlah TCP/IP dan klik properties.

Masukkan angka 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 pada opsi DNS dan restart komputer anda.Setelah melakukan dua cara di atas, seharusnya anda sudah mendapatkan kecepatan akses yang lebih dari sebelumnya. Namun bagi yang masih belum puas dengan kecepatan aksesnya sekarang dapat menggunakan cara yang ketiga yaitu menggunakan Google Web Accelerator. Google Web Accelerator didisain khusus untuk mempercepat akses internet anda, khususnya bagi anda yang menggunakan koneksi broadband (pita lebar) seperti TV Kabel dan ADSL. Untuk anda yang menggunakan koneksi lain seperti Dial-up (Telkomnet Instant) maupun Satelit, Google Web Accelerator juga dapat sedikit membantu mempercepat aksesnya.

Untuk memakai Google Web Accelerator, kriteria yang harus dipenuhi antara lain Sistem Operasi harus menggunakan Windows XP atau Windows 2000. Web browser yang digunakan harus Internet Explorer versi 5.5 ke atas atau Mozilla Firefox versi 1.0 ke atas. Untuk browser lainnya sebenarnya juga bisa, tetapi anda harus meng-konfigurasi Proxy Settings di dalam web browser tersebut dengan menambah 127.0.0.1:9100 pada HTTP.

 

Adapun cara mengakses internet dengan Wi-Fi.

Untuk lebih jelasnya ada 2 cara pakai Internet pakai WiFi Gratis di Hotspot yaitu untuk Laptop WiFi non integrated dan Laptop WiFi Integrated

1. Laptop WiFi non Integrated

Laptop Wifi non integrated artinya Laptop tersebut belum ada Fasilitas WiFi network cardnya. Agar bisa untuk internet Hotspot maka dipasang PCI card WiFi atau WiFi USB . Caranya adalah sbb:

- Setelah Laptop dihidupkan dan siap digunakan masukkan WiFi PCI card dengan menekan tombol kecil disamping atau WiFi USB. Cek keberadaan Hardware WiFi tersebut dengan cara :

Pilih Start – My Computer – Klik kanan – Properties – Hardware – Device Manager – Network Adapters – Intel (R) Pro/ Wireless 220BG… Klik kanan pilih Enable. Jika sudah Disable artinya Wireless Card sudah Enable / Siap digunakan.

Saat Network Adapters sudah Enable biasanya lampu pada PCI card akan menyala dan di Layar sebelah kanan bawah akan muncul ikon 2 layar monitor kecil dengan tanda Wireless ))) . Klik kanan ikon kecil dan pilih View Available Wireless Networks. Jika belum muncul Hotspot area pilih Refresh Network List. akan muncul Hotspot WiFi yang ada. Pilih Data Hotspot Free atau unsecured. dan tekan Connect. Jika sudah Connect Internet siap digunakan.

Ikon 2 Layar monitor yang berkedip sebagai tanda bahwa wireless Network sudah tersambung.

Silahkan coba buka Website Internet menggunakan Internet Explorer atau Mozilla Firefox atau yang lain.

Jika belum bisa connect ke Internet non aktifkan Firewall di Windows setelah connect atau bisa internet Firewall bisa diaktifkan kembali.

Jika masih belum bisa connect browser perlu disetting sbb :

Mozilla Firefox : Tools -Options – Advanced – Networks -Setting – Direct Connection to the Internet-OK

Internet Explorer : Tools -Internet Options-Connection -Setup- Pilih To connect to Wireless Network View klik Wireless Network in range pilih Hotspot free aktif ( ada tanda signal) yang muncul di List Hotspot.

Selamat Internet WiFi di Hotspot Area.

2. Laptop WiFi Integrated

Internet di Hotspot dengan Laptop WiFi card sudah ada di Laptop lebih mudah penggunaannya karena tinggal geser tombol Switch untuk Wifi misalnya untuk Laptop Sony Vaio VGN S260, Acer 5563, Benq S31, Aspire One dll. Jika tidak ada tombol geser untuk aktifkan Wifi , WiFi bisa diaktifkan dengan Cara sbb:

1. Klik kanan ikon 2 layar kecil wireless )))) Pilih Open Network Connection – Klik Kanan Wireless Network Connection – Pilih Enable. Jika sudah Enable Pilih View Available Wireless Network.

2. Jika belum muncul Daftar Hotspot area pilih Refresh Network List. akan muncul Hotspot WiFi yang ada. Pilih Dafta Hotspot Free atau unsecured. dan tekan Connect. Jika sudah Connect Internet siap digunakan.

Jika Ikon 2 layar kecil tidak muncul atau tidak ada, tampilkan dengan cara sebagai berikut:

Start-Control Panel- Network Connection – . Klik kanan Wireless Network Connection -Properties – General dan Centang atau beri tanda pada Show Icon …. dan Notify me…OK dan Klik Kanan Lagi Wireless Network Connection pilih enable. dan lanjutkan cara koneksi wireless seperti diatas.

 

C.Pencarian Informasi dengan Web Browser.

10 tips pencarian informasi di internet

 

Bila Anda sering memanfaatkan internet sebagai sumber informasi, ada baiknya menerapkan beberapa tips di bawah ini.

1. Gunakan Beberapa “Browser” Sekaligus
Mungkin ini bukan jadi rahasia lagi bagi kamu. Tapi ada baiknya kamu buka beberapa Browser sekaligus. Dengan cara ini kamu bisa buka-buka browser lain selagi nunggu download situs lainnya selesai
Caranya? 1. Klik Menu File (di kiri atas layar)
2. Pilih New Web Browser (atau New Window). Atau tekan ^N Setelah itu akan muncul window lain yang bisa Anda gunakan untuk menelusuri situs lainnya dengan mengetikkan alamat URLnya. Mudah, kan?

2. Matikan Option Graphics Dan Lihat Gambar Seperlunya
Time Out…Time Out…Wah gawat kalau sudah begini. Kalau kamu sering mengalaminya, ada baiknya kamu matikan aja option graphics-nya. Karena file-file gambar/image inilah yang sering kali berukuran besar-besar. Caranya? Gunakan option Image dimana gambar-gambar tidak akan ditampilkan lebih dulu begitu proses download selesai. Bila ada gambar yang ingin kamu lihat, arahkan mouse ke kotak gambar tersebut, klik tombol kanan mouse dan pilih “Show Image” atau “Show Picture”.

3. Jangan Takut Menggunakan Tombol Back
Jangan sekali-sekali takut untuk menekan tombol Back, bila kamu salah mengklik link. Bila kamu salah mengklik link, kamu nggak perlu nunggu proses “download” selesai. Klik aja tombol Back secepatnya. Atau, bila tampilan di layar belum berubah, klik tombol Stop. Kedua cara di atas akan menghemat waktu atas kesalahan yang dilakukan.

4. Loncat!
Tapi tombol back, tidak selalu efektif untuk digunakan bila kamu ingin kembali ke link-link sebelumnya. Karena kamu harus mengklik tombol Back beberapa kali. Nah, ada cara yang lebih cepat. Gunakan menu Go, lalu pilih judul web yang kamu inginkan. Cara ini jauh lebih cepat dan lebih tepat karena Kamu bisa langsung “loncat” ke halaman yang diinginkan.

5. Ambil Keputusan dengan Cepat!
Ini bisa menghemat uang kamu, jika kamu sedang menelusuri hasil pencarian search engine atau hirarki internet directory. Pasalnya, saat menggunakan menggunakan web browser, komputermu saat itu sedang terhubung ke ISP. Ini berarti semakin lama tersambung ke ISP, berarti semakin tinggi biaya yang harus dikeluarkan.

6. Gunakan BookMark!
Bookmark, bookmark, bookmark. Gunakan bookmark untuk “mengingat” alamat situs yang menarik bagi Kamu. Begitu menemukan informasi yang diinginkan, bookmark-lah alamat situs tersebut. Biasanya dengan cara menekan tombol ^D, alamat halaman yang bersangkutan langsung bisa diingat web browser. Lihat juga Tips No. 8.

7. Jangan Ragu Untuk Mengulang
Sering kali komputer kita kelihatan “hang” saat kita sedang men-download suatu hompage. Ini dapat berlangsung hingga lebih dari 5 menit tanpa ada penambahan yang ditampilkan di layar. Tentu saja peristiwa seperti ini membuat kesal. Untuk menghindarinya hal seperti ini, klik saja tombol Reload/Refresh. Cara ini seringkali sukses.

8. Kategorikan Bookmark Anda
Bila kamu telah menerapkan Tips No. 6 diatas, jangan berhenti sampai di situ. Seperti kertas-kertas diatas meja, jika tidak kamu kumpulkan dan atur sedemikian rupa, cepat atau lambat akan mempersulit kamu sendiri. Terutama bila kumpulan bookmark Anda sudah banyak sekali. Buatlah folder

9. Malu Bertanya Sesat di Jalan
Ternyata pepatah lama tetap berlaku, walaupun banyak orang bilang, internet itu gudangnya informasi. Tapi masalahnya terlalu banyaknya informasi yang ada di sana. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu bertanya ke mailing list, atau ke newsgroup yang berhubungan dengan pertanyaan kamu.

10. Hindari Waktu Sibuk Internet
Gimana performance koneksi internet kamu? Lambat? Jika demikian pernahkah kamu perhatikan kapan koneksi terasa lambat? Salah satu penyebab kelambatan adalah terlalu banyak pemakai dalam waktu yang sama. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa bereksperimen dengan mengubah waktu-waktu koneksi internet. Mungkin bila kamu melakukan surfing sekitar jam 5.00 pagi (setelah subuh) koneksi internet kamu bakalan lebih cepat. Diperkirakan saat itu masih sedikit yang memakai internet, karena belum banyak yang pada melek. Atau bisa saja kamu melakukannya tengah malam.

 

 

 

 

 

D. Penggunaan E-mail.

 

Langkah-Langkah Membuat E-mail di Yahoo.com

 

1. Bukalah halaman yahoo mail di mail.yahoo.com (dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris) atau mail.yahoo.co.id (dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia).
2. Kita akan diarahkan ke halaman login, jika kita ingin mendaftar, klik “Daftar.”
3. Isilah semua kolom yang ada di halaman pendaftaran tersebut dengan lengkap.
4. Pada bagian ID Yahoo! dan Email, isikan ID yang kita inginkan, lalu klik tombol “periksa”. Apabila ID yang kita pilih sudah dipakai orang, kita bisa memilih salah satu pilihan yang akan diberikan yahoo atau kita bisa memasukkan lagi ID yang lain.
5. Pada kolom kata sandi, masukkan kata sandi yang mudah anda ingat tapi susah ditebak oleh orang lain karena ini menyangkut privasi anda.
6. Untuk mengantisipasi jika kita lupa kata sandi atau ID kita, masukkan alamat email yang sudah kita punyai, jika belum punya sama sekali, biarkan kolom tersebut kosong. Lalu pilih pertanyaan keamanan yang akan digunakan jika anda lupa sandi. Jawablah pertanyaan tersebut dengan jawaban yang mudah anda ingat.
7. Isilah kolom “Ketik kode yang ditampilkan” dengan huruf dan atau angka yang ada di kotak bawahnya.
8. Berilah tanda cek pada kotak “Anda setuju?”
9. Klik tombol “Buat akun saya”

Jika kita sudah mengisi formulir pendaftaran tersebut dengan benar dan lengkap, maka kita akan langsung diarahkan ke akun email kita. Jika ada yang belum lengkap, maka akan muncul peringatan dan kita harus melengkapi kolom-kolom yang masih belum lengkap tersebut.

 

Etika dalam surat elektronik sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada surat elektronik yang isinya formal ada yang informal.

Beberapa poin penting:

1. Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar. Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas surat elektronik penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima.

2. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia surat elektronik juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran surat elektronik yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya.

3. Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.

4. Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.

5. Dalam mengutip tulisan orang lain, selalu usahakan mengutip seperlunya, jangan mau gampangnya mengutip seluruh tulisan orang itu:
- dalam menjawab surat elektronik orang lain, kutip bagian yang kita tanggapi saja, selain lebih jelas juga tidak memakan waktu / jatah akses penerima,
- dalam mengutip tulisan orang ketiga, ingat hak cipta: kutip sesedikit mungkin dan rujuk ke tulisan aslinya.

6. Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.

7. Gunakan kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.

E.Masalah yang Ditimbulkan Oleh Internet.

Internet membawa begitu banyak kemudahan kepada penggunanya termasuk anak-anak. Namun internet juga dapat memusingkan orangtua dan guru. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika, kebanyakan dari mereka berpendapat bahwa guru perlu mementingkan dua hal, yaitu mengenai keselamatan murid dan tahap prestasi mereka. Ketika penggunaan internet di kalangan anak-anak dan dewasa semakin meningkat, kedua perkara penting itu seolah-olah bertentangan satu sama lain.

Dapatkah pihak sekolah melindungi atau melarang muridnya untuk tidak menggunakan internet agar tidak terpengaruh dampak negatif dari internet, sedangkan pada waktu yang sama sekolah tidak dapat mengekang hak pelajar untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman yang berunsur pendidikan dari internet? Dilema yang dihadapi oleh guru juga dirasakan oleh orangtua.

Pertanyaan-pertanyaan seperti: Dimanakah anak-anak menggunakan internet?, Apakah lebih baik jika aktivitas-aktivitas yang mereka lakukan berhubungan dengan internet?, Pengalaman-pengalaman apakah yang mereka dapatkan dalam internet?, dan Apakah ada yang mengawasi mereka pada saat menggunakan internet?, merupakan hal penting yang patut dijawab melalui penelitian agar dapat diketahui sejauh mana internet dapat digunakan oleh seorang anak dalam membantu aktivitas mereka.

Oleh karena itu National School Boards Foundation dan Grunwald Associations, sebuah badan konsultasi di Amerika, berinisiatif untuk melakukan penelitian atas orangtua, anak-anak, dan para guru mengenai penggunaan internet.

Dari penelitian didapatkan kebanyakan orangtua beranggapan bahwa internet dapat memberi manfaat bagi anak-anak mereka. Walaupun isu- isu negatif telah tersebar mengenai dampak negatif dari internet, banyak orangtua yang sangat yakin bahwa internet merupakan salah satu alat bantu belajar bagi anak-anak mereka. Sebagian besar orangtua yang ikut dalam penelitian ini mempunyai sekurang- kurangnya satu anak yang menggunakan internet. Tiga dari empat remaja menggunakan internet dan mereka lebih gemar menggunakan internet di sekolah atau di “cyber cafe” (warnet) dibanding menggunakan internet di rumah.

Waktu dimana anak-anak sedang ingin menggunakan komputer di rumah daripada di sekolah, merupakan kesempatan bagi orangtua untuk memberi nasehat atau panduan kepada anak mereka mengenai cara-cara dan aturan yang betul dalam menggunakan internet.

Apa kata orangtua dan anak-anak dalam penelitian di atas?

  1. Sebab utama orangtua membeli komputer untuk anak-anak mereka adalah untuk pendidikan dan belajar. Pendidikan adalah penggerak utama kepada orangtua untuk mengenalkan anak-anak mereka kepada penggunaan internet. Banyak halaman web yang berunsur pendidikan dapat membantu anak-anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Sekolah dan orangtua mengakui bahwa internet telah mengubah sikap anak-anak kecil mereka terhadap sekolah. Anak-anak kecil tidak akan takut dan bingung terhadap tugas-tugas sekolah kerana mereka telah dibantu untuk belajar melalui internet.
  2. Internet tidak mengganggu aktivitas anak-anak. Apabila anak-anak mulai menggunakan internet, waktu untuk menonton televisi akan berkurang dan waktu untuk membaca akan bertambah. Begitu juga waktu untuk bermain dengan teman-teman mereka akan berkurang.
  3. Internet tidak “mengasingkan” anak-anak dari orangtua mereka dan teman-temannya. Malahan internet merupakan alat bantu yang berfungsi menghubungkan anak-anak dengan orangtua dan teman- temannya. Orangtua dan anak-anak dapat menggunakan e-mail dan chatting untuk berhubungan antara satu sama lain. Selain itu, orangtua dan guru dapat saling berinteraksi pula antara satu dengan lain berkenaan dengan perkembangan pelajaran anak-anak.
  4. Jumlah anak-anak dan remaja perempuan yang menggunakan internet adalah sama dengan jumlah anak-anak dan remaja lelaki. Anak-anak dan remaja perempuan menggunakan internet untuk belajar, membantu menyelesaikan pekerjaan sekolah, dan menggunakan e-mail. Remaja dan anak-anak lelaki menggunakan internet untuk hiburan dan permainan komputer.
  5. Sekolah mendekatkan lagi jurang perbedaan untuk golongan yang kurang mampu. Kebanyakan golongan yang kurang mampu tidak dapat menyediakan kemudahan internet untuk anak-anak mereka. Namun sekolah-sekolah telah dilengkapi dengan komputer dan internet. Ini dapat memberi peluang kepada golongan yang tidak mampu untuk sama-sama menikmati kemudahan internet.
  6. Orangtua percaya penuh terhadap anak-anak mereka dalam menggunakan internet. Namun mereka tidak dapat melarikan diri dari perasaan bimbang terhadap penggunaannya. Walaupun demikian, pada umumnya mereka percaya internet aman untuk anak-anak. Orangtua mengawasi aktivitas anak-anak ketika menggunakan internet dan ada juga yang menyediakan beberapa aturan yang harus dipatuhi anak-anak mereka. Pada umumnya orangtua cukup puas dengan cara penggunaan internet oleh anak-anak dan mereka memberi kepercayaan untuk anak-anak menjelajahi internet.

Penyelidikan di atas dilakukan di Amerika. Namun pada umumnya internet memang membawa faedah kepada anak-anak. Ini telah diakui sendiri oleh orangtua yang mengikuti penelitian ini. Namun mereka juga ragu apakah anak-anak dapat menggunakan internet dengan bijak. Di Indonesia misalnya, perlu ada penelitian seperti ini untuk mengetahui secara pasti masalah atau pengalaman yang dihadapi oleh anak-anak dan orangtua mereka terhadap penggunaan internet.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

A.Kesimpulan

Internet sangatlah berperan penting dalam kehidupan sehari-hari kita, dengan internet kita sangat bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain dan mudah mendapatkan informasi terkini dimana pun dan kapan pun.Internet merupakan bukti dari kemajuan teknologi dan kemajuan zaman.

Tetapi kita harus menyadari bahwa semua itu mempunyai dampak yang buruk juga bagi kita semua terutama generasi muda sekarang,.akan tetapi semua itu bisa terhilangkan jika kita semua menyadari bagaimana bahaya dari teknologi tersebut dan tidak mempersalah gunakan hal tersebut.

 

B.Kritik dan Saran

Didalam penulisan makalah ini,penulis menyadari selaku manusia biasa yang tak luput dari lupa dan salah, maka dari itu penulis sangat mengharapkan Kritikan maupun Saran dari Ustad/ustadzah, teman-teman, atau siapa saja yang membaca makalah ini.

Dari itu kurang maupun lebihnya penulis mengucapkan banyak terima kasih.

1.

2.

3.

4.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

http://getete.blogspot.com/2007/12/modem-modem-adalah-singkatan-dari.html

http://www.scribd.com/doc/7569614/Perangkat-Akses-Internet

http://www.slideshare.net/pakgik/perangkat-keras-akses-internet

www.google.com

www.wikipedia.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

About ridhoexanha

santri di pesantren Modern Tarbiyah
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s